Tips Merawat Pagar Besi

Anda yang memiliki pagar BRC pada hunian, ada baiknya untuk merawat dan menjaganya karena besi sangat rentan terhadap cuaca yang ekstrim. Untuk itu, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya agar tetap cantik dan menarik:

  1. Melindungi permukaan pagar BRC dari sinar matahari, hujan, lembab, dan cuaca lainnya sebisa mungkin. Anda dapat melapisinya dengan minyak agar air hujan tidak akan tahan lama untuk menempel di permukaannya. Periksa apakah ada lubang yang dapat menampung air atau memasukkan air ke dalam besi atau sambungan besi, jika ada segeralah untuk menutupnya menggunakan dempul yang dicat sesuai dengan warna pagar, jika lubangnya termasuk besar ada baiknya untuk menutupnya dengan sealant, Anda dapat menemukan sealant di toko bangunan terdekat.
  2. Jika sudah, waktunya Anda untuk selalu mengingat untuk mengecat secara berkala saat pagar BRC Anda mulai terlihat mengelupas atau timbul karat.
  3. Bersihkan dengan cairan hangat atau dengan detergen. Jika Anda menemukan noda pada permukaan, Anda dapat menyikatnya dengan sikat gigi bekas untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dijangkau. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air dan mengeringkannya. Dengan mencucinya secara teratur Anda akan menemukan masalah-masalah kecil sedari dini sehingga dapat cepat mengatasinya tanpa menunggu hingga menjadi masalah besar.
  4. Periksa secara berkala juga dapat Anda lakukan selain membersihkannya. Dengan memeriksa, Anda akan dapat mengidentifikasikan apa permasalahan yang ada dan langsung tahu mana yang harus diperbaiki, misalnya karat, pondasi yang longgar, dinding pagar yang miring, retakan, atau yang lainnya.
  5. Jangan lupa untuk memperhatikan rust spot (bintik karat). Jika Anda mulai menemukannya maka yang harus Anda lakukan adalah mencegah menjalar semakin besar dan dalam. Gunakan amplas atau wool baja untuk menghilangkannya, kemudian lapisi dengan lapisan anti karat baru setelah itu cat dengan cat biasa.
  6. Jika pagar Anda sudah tua dan lapuk maka besar kemungkinan akan bengkok atau patah. Untuk kerusakan seperti ini ada baiknya Anda langsung menghubungi tukang las atau ahli besi untuk memperbaiki atau memperbaharuinya.