Pembahasan Warna Pagar

image[6]

Menentukan kombinasi warna yang tepat sangat penting dengan memperhatikan keselarasan dari perpaduan warna antara bangunan rumah dengan pagar. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan penampilan rumah sehingga terlihat menarik dan enak dipandang.

Berikut beberapa cara mendapatkan perpaduan warna yang tepat antara bangunan dengan pagar:

  1. Dapatkan inspirasi warna yang Anda suka dengan melihat beberapa rumah secara langsung, melihat dari internet, mengumpulkan katalog, ataupun referensi dari orang lain.
  2. Perhatikan lingkungan sekitar rumah agar Anda dapat memilih warna yang tidak terlalu kontras dengan rumah-rumah tetangga.
  3. Gunakan warna yang cerah untuk membuat kesan rumah kecil Anda tampak lebih besar. Selain itu, warna cerah juga bisa menimbulkan kesan alami.

Setelah Anda menemukan warna cat yang tepat untuk bangunan dan pagar Anda, tentunya sekarang adalah waktunya untuk menerapkannya. Artikel ini akan memberikan tips untuk Anda bagaimana mencegah pudar/terkelupasnya cat pada pagar, karena pagar merupakan komponen yang rentan terpapar perubahan cuaca secara langsung. Hal pertama yang harus Anda ingat adalah pilihlah cat yang berkualitas baik, sedikit lebih mahal dari cat lain tidak apa-apa karena selain dapat mencegah munculnya masalah pengecatan di kemudian hari, cat ini juga akan lebih menghemat biaya karena tidak harus melakukan pengecatan ulang berkali-kali.

Terjadinya masalah warna cat yang memudar juga dapat disebabkan oleh  pigmen warna cat terserang yang alkali semen atau bisa juga karena menggunakan cat yang tidak sesuai dengan fungsinya, seperti mengaplikasikan cat interior  pada eksterior. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  • Tes kadar kelembapan permukaan pagar menggunakan protimeter.
  • Lakukan pengamplasan agar permukaan pagar menjadi halus dan merata sehingga uap air dapat keluar dengan sempurna.
  • Bila kondisi cat lama masih memiliki daya lekat yang baik Anda cukup melakukan pengamplasan dan kemudian membersihkan sisa debu dan kotoran.
  • Setelah itu, aplikasikan lapisan cat dasar secara merata.
  • Setelah cat dasar mengering, Anda baru dapat mengaplikasikan warna cat yang sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk memakai cat khusus eksterior.