Mengecat Ulang Pagar Besi Anda

Selain menjadi komponen rumah yang berfungsi untuk menjadi pembatas dan memberi perlindungan, pagar juga dapat menciptakan penampilan yang mendukung keindahan hunian. Pagar banyak tersedia dalam berbagai macam bahan dasarnya, ada yang terbuat dari besi, kayu, batu alam, dan masih banyak lagi. Jika Anda menggunakan pagar besi, maka pastinya Anda akan merasakan kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari pagar besi adalah memiliki struktur yang kokoh, tegak, dapat bertahan lama, dan minim perawatan secara khusus. Namun, kekurangannya adalah besi merupakan bahan yang rawan terkena korosi sehingga menghasilkan karat. Karat dapat membuat penampilan pagar dan hunian menjadi jelek dan terlihat tidak terawat. Salah satu cara untuk membuat pagar besi awet dan tahan karat adalah dengan melapisinya lapisan cat khusus besi dan cat anti karat.

Jika Anda sudah terlanjur memiliki pagar besi yang belum dilapisi cat khusus dan cat anti karat dan pagar besi Anda sudah menunjukkan tanda-tanda korosi maka yang harus Anda lakukan adalah mengecat ulang pagar besi Anda agar karat tidak menyebar. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Temukan dan hilangkan karat dengan cara mengamplas atau menyikatnya. Gunakan sarung tangan, pengaman mata, dan masker terlebih dahulu. Kemudian, gunakan sikat kawat atau amplas dan gosok area yang berkarat. Kemudian, lembabkan lap dengan spiritus (sejenis thinner tak berbau) dan mulailah menghapus karat yang tersisa. Jangan lupa untuk mengganti lap jika sudah kotor.
  • Sebelum mulai mengecat kembali, sebaiknya Anda mencuci pagar terlebih dahulu. Penuhi ember dengan air panas dan sabun. Gunakan lap yang telah Anda rendam di ember tersebut untuk membersihkan pagar. Setelah semua terkena sabun, Anda dapat menyemprotkan air dari selang bertekanan tinggi dan kemudian keringkan selama satu malam.
  • Keesokan harinya Anda baru dapat memulai proses pengecatan pagar rumah. Gunakan cat primer terlebih dahulu sebagai dasar. Berikan waktu setidaknya satu hari hingga cat primer mengering, setelah baru dapat Anda lapisi dengan cat besi. Setelah cat besi mengering, barulah Anda dapat melapisinya dengan cat anti karat sebagai lapisan kedua.